Senin, 05 November 2007

BAB 6 (2)


8. Informasi yang dikumpulkan dari lingkungan sampai kepada manajer melalui jalur yang melewati model. Jalur apakah itu ?Jawab :Jalur informasi dan data.
9. Elemen pemecahan masalah manakah yang juga muncul dalam model sistern urnum perusahaan ?Jawab :Standar, informasi dan data.
10. Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang diharapkan ? Keadaan saat ini ?Jawab :-kriteria solusi.-Tugas saat ini adalah menjaga keadaan soal ini pada yang tingkat lebih tinggi, jika tingkat kinerja yang lebih tinggi dapat dipertahankan maka keadaan yang diharapkan harus ditingkatkan.
11. Agar suatu masalah menjadi terstruktur, apa yang harus manajer ketahui mengenai masalah itu ?Jawab :Agar suatu masalah menjadi terstruktur, seorang manajer harus mengetahui elemen – elemen masalah dan hubungan antar elemen tersebut.
12. Siapa atau apa yang memecahkan masalah terstruktur? Masalah tidak terstruktur? Masalah semi-terstruktur?Jawab :-masalah terstruktur: karena terdiri dari elemen-elemen & hubungan antar elemen yang semuanya dipahami oleh pemecah masalah.-masalah tidak terstruktur: elemen-elemen atau hubungan antar elemen yang tidak dipahami oleh pemecah masalah.-masalah semi terstruktur: masalah yang berisi sebagian elemen-elemen atau hubungan yang dimengerti oleh pemecah masalah.
13. Nama apa yang digunakan Dewey untuk masalah ? Untuk keputusan ?Jawab:Dewey tidak menggunakan istilah pendekatan sistem, tetapi ia menyadari sifat berurutan dari pemecahan masalah dimulai dengan suatu permasalahan, mempertimbangkan bermacam cara memecahkanya dan memeilih solusi yang tampaknya paling baik.
14. Apakah tiga tahap usaha dalam menerapkan pendekatan sistem ?Jawab :Tahap I : Usaha persiapanTahap II : Usaha definisiTahap III : Usaha solusi
15. Sebutkan tiga cara untuk membagi suatu perusahaan menjadi subsistem-subsistem.Jawab :-Area bisnis-Tingkat bisnis-Arus sumber daya
16. Siapa yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ?Jawab :Yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ialah orang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap pokok permasalahan orang tersebut tidak memihak kepada siapapun. Dalam posisi ini kedua-duanya sama-sama bersalah.jadi, orang yang bertanggung jawab itu harus benar-benar mempunyai sikap tegas dan menyelesaikannya sesuai prosedur yang berlaku dalam perusahaan tersebut.
17. Apakah empat karakteristik yang diharapkan dari standar ?Jawab :Empat karakteristik yang diharapkan dari standar adalah:-Keadaan yang diharapkanApa yang harus dicapai oleh sistem-Keadaan saat iniApa yang sedang dicapai oleh sistem-Pemecahan masalahJika keadaan saaat ini dan keadaan yang diharapkan sama, tidak terdapat masalah dan manajer tidak mengambil tindakan.Jika kedua keadaan itu berbeda, sejumlah masalah merupakan penyebabnya dan harus dipecahkan.-Pemecahan alternative
18. Apakah perbedaan, jika ada antara kriteria solusi dan kriteria evaluasi ?Jawab :Perbedaan antara kriteria solusi dan kriteria evaluasi, jika ada:-Kriteria solusi, apa yang diperlukan untuk mengubah keadaan saat ini menjadi keadaan yang diharapkan.-Kriteia evaluasi, untuk mengukur seberpa baik suatu alternatif dapat memecahkan masalah .Walaupun kriteria evaluasi dapat menyediakan banyak jalan menuju solusi masalah, tetapi ukuran dasarnya adalah seberapa jauh suatu alternatif memampukan sistem untuk mencapai tujuan.Jadi tidak ada perbedaannya karena krieria evaluasi adalah suatu alternatif untuk memecahkan masalah dari kriteria solusi yang dapat mengubah keadaan saat ini yang diharapkan.
19. Sebutkan tiga cara memilih alternatif terbaik menurut Mintzberg ?Jawab :Tiga cara memilih alternatif terbaik menurut Mintzberg yaitu:-AnalisisSuatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.-PenilaianProses mental dari seorang manajer.-Tawar menawarNegoisasi antara beberapa manajer.

Tidak ada komentar: